I
I
I I I
I I I
I I I
I I I
I I I
I
I
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
( K T S P )
Mata
Pelajaran :
Baca Tulis al-Qur’an (Tahfidz)
Kelas :
VII (tujuh)
Tahun
Pelajaran :
2008/2009
Guru Mata Pelajaran :
Erlangga, S.Pd.I.
MTs.
NURUL IKHLAS KOTA
BEKASI
Jl. Pengasinan Raya II No.9 Rawalumbu Kota Bekasi
Telp. 021 822 5747
ﺑﺴﻢﺍﷲﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTs. NURUL IKHLAS
MATA PELAJARAN : BTQ (Tahfidz)
KELAS / SEMESTER : VII / I
TEMA / KONSEP : 1. Menulis Juz ‘Amma
ALOKASI WAKTU : 3 x 90 menit (6 jam pelajaran)
STANDAR
KOMPETENSI : Siswa dapat menulis juz ‘Amma dengan baik dan benar
KOMPETENSI
DASAR : Menulis Juz ‘Amma dengan benar(surat pilihan)
INDIKATOR : 1. Siswa
dapat menulis surat-surat pilihan dalam juz ‘Amma dengan benar
1. TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa dapat menulis
juz ‘Amma (surat
an-Naas, al-Falaq dan al-Ikhlas)
2. MATERI PEMBELAJARAN : Surat an-Naas (114), Surat al-Falaq (113) dan Surat al-Ikhlas (112)
3. METODE PEMBELAJARAN : Tadarus & Penugasan
4. ORGANISASI KELAS : -
5. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN;
PERTEMUAN I
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Menulis
surat an-Naas
dengan benar
c.
Kegiatan Akhir
Penilaian
PERTEMUAN II
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Menulis
surat al-Falaq
dengan benar
c.
Kegiatan Akhir
Penilaian
PERTEMUAN III
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Menulis
surat al-Ikhlas
dengan benar
c.
Kegiatan Akhir
Penilaian
6. SUMBER BELAJAR : Al-Qur’an / Juz ‘Amma
7. PENILAIAN
a. Teknik : Penugasan
b. Bentuk Instrumen : Test Tulis
c. Contoh Instrumen : 1. Tulis surat al-Ikhlas dengan benar!
Mengetahui; Bekasi,
14 Desember 2008
Kepala MTs. Nurul Ikhlas, Guru
Mata Pelajaran,
A. Rahman, S.Ag. Erlangga Irawan, S.Pd.I.
ﺑﺴﻢﺍﷲﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTs. NURUL IKHLAS
MATA PELAJARAN : BTQ (Tahfidz)
KELAS / SEMESTER : VII / I
TEMA / KONSEP : 1. Hafalan Juz ‘Amma
ALOKASI WAKTU : 3 x 90 menit (6 jam pelajaran)
STANDAR
KOMPETENSI : Siswa hafal juz ‘Amma dengan tartil
KOMPETENSI
DASAR : Menghafal Juz ‘Amma dengan tartil (surat-surat
pilihan)
INDIKATOR : 1. Siswa
hafal surat-surat pendek pilihan dalam juz ‘Amma dengan tartil
1. TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa hafal juz
‘Amma (surat an-Naas,
surat al-Falaq dan
surat al-Ikhlas)
2. MATERI PEMBELAJARAN : Surat an-Naas (114), Surat al-Falaq (113) dan Surat al-Ikhlas (112)
3. METODE PEMBELAJARAN : Tadarus &
Hafalan/Tahfidz
4. ORGANISASI KELAS : -
5. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN;
PERTEMUAN I
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Tahfidz
surat an-Naas
dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Tahfidz
Muwajjah surat
an-Naas
PERTEMUAN II
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Tahfidz
surat al-Falaq
dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Tahfidz
Muwajjah surat
al-Falaq
PERTEMUAN III
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Tahfidz
surat al-Ikhlas
dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Tahfidz
Muwajjah surat
al-Ikhlas
6. SUMBER BELAJAR : Al-Qur’an / Juz ‘Amma
7. PENILAIAN
a. Teknik : Test Lisan
b. Bentuk Instrumen : Hafalan / Tahfidz
c. Contoh Instrumen : -
Mengetahui; Bekasi,
14 Desember 2008
Kepala MTs. Nurul Ikhlas, Guru
Mata Pelajaran,
A. Rahman, S.Ag. Erlangga
Irawan, S.Pd.I.
ﺑﺴﻢﺍﷲﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTs. NURUL IKHLAS
MATA PELAJARAN : BTQ (Tahfidz)
KELAS / SEMESTER : VII / I
TEMA / KONSEP : 1. Membaca al-Qur’an
ALOKASI WAKTU : 3 x 90 menit (6 jam pelajaran)
STANDAR
KOMPETENSI : Siswa dapat membaca al-Qur’an dengan baik dan
benar sesuai dengan kaidah ilmu Tajwid (tartil)
KOMPETENSI
DASAR : Membaca al-Qur’an denagn tartil
INDIKATOR : 1. Siswa
dapat membaca surat
al-Fatihah dan surat
al-Baqoroh dengan tartil
1. TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa membaca
al-Qur’an dengan tartil
2. MATERI PEMBELAJARAN : Surat al-Fatihah (1) dan Surat al-Baqoroh (2)
3. METODE PEMBELAJARAN : Tadarus &
Hafalan/Tahfidz
4. ORGANISASI KELAS : -
5. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN;
PERTEMUAN I
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Membaca
surat
al-Fatihah dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Sorogan
surat
al-Fatihah
PERTEMUAN II
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Membaca
surat al-Baqoroh
dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Sorogan
surat
al-Baqoroh ayat 1-7
PERTEMUAN III
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Membaca
surat al
baqoroh dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Sorogan
surat
al-Baqoroh ayat 8-15
6. SUMBER BELAJAR : Al-Qur’an
7. PENILAIAN
a. Teknik : Test Lisan
b. Bentuk Instrumen : Sorogan
c. Contoh Instrumen : -
Mengetahui; Bekasi, 14 Desember 2008
Kepala MTs. Nurul Ikhlas, Guru Mata Pelajaran,
A. Rahman, S.Ag. Erlangga Irawan, S.Pd.I.
ﺑﺴﻢﺍﷲﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTs. NURUL IKHLAS
MATA PELAJARAN : BTQ (Tahfidz)
KELAS / SEMESTER : VII / I
TEMA / KONSEP : 2. Menulis al-Qur’an
ALOKASI WAKTU : 3 x 90 menit (6 jam pelajaran)
STANDAR
KOMPETENSI : Siswa dapat menulis juz ‘Amma dengan baik dan benar
KOMPETENSI
DASAR : Menulis Juz ‘Amma dengan benar(surat pilihan)
INDIKATOR : 1. Siswa
dapat menulis surat-surat pilihan dalam juz ‘Amma dengan benar
1. TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa dapat menulis
juz ‘Amma (surat
al-Lahab, al-Kautsar dan al-‘Ashr)
2. MATERI PEMBELAJARAN : Surat al-Lahab (111), Surat al-Kautsar (108) dan Surat al-‘Ashr (103)
3. METODE PEMBELAJARAN : Tadarus & Penugasan
4. ORGANISASI KELAS : -
5. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN;
PERTEMUAN I
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Menulis
surat al-Lahab
dengan benar
c.
Kegiatan Akhir
Penilaian
PERTEMUAN II
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Menulis
surat al-Kautsar
dengan benar
c.
Kegiatan Akhir
Penilaian
PERTEMUAN III
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Menulis
surat al-‘Ashr
dengan benar
c.
Kegiatan Akhir
Penilaian
6. SUMBER BELAJAR : Al-Qur’an / Juz ‘Amma
7. PENILAIAN
a. Teknik : Penugasan
b. Bentuk Instrumen : Test Tulis
c. Contoh Instrumen : -
Mengetahui; Bekasi, 14 Desember 2008
Kepala MTs. Nurul Ikhlas, Guru Mata Pelajaran,
A. Rahman, S.Ag. Erlangga Irawan, S.Pd.I.
ﺑﺴﻢﺍﷲﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
MTs. NURUL IKHLAS
MATA PELAJARAN : BTQ (Tahfidz)
KELAS / SEMESTER : VII / I
TEMA / KONSEP : 2. Hafalan Juz ‘Amma
ALOKASI WAKTU : 3 x 90 menit (6 jam pelajaran)
STANDAR
KOMPETENSI : Siswa hafal juz ‘Amma dengan tartil
KOMPETENSI
DASAR : Menghafal Juz ‘Amma dengan tartil (surat-surat
pilihan)
INDIKATOR : 1. Siswa
hafal surat-surat pendek pilihan dalam juz ‘Amma dengan tartil
1. TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa hafal juz ‘Amma
(surat al-Lahab,
al-Kautsar dan al-‘Ashr)
2. MATERI PEMBELAJARAN : Surat al-Lahab (111), Surat al-Kautsar (108) dan Surat al-‘Ashr (103)
3. METODE PEMBELAJARAN : Tadarus &
Hafalan/Tahfidz
4. ORGANISASI KELAS : -
5. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN;
PERTEMUAN I
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Tahfidz
surat al-Lahab
dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Tahfidz
Muwajjah surat
al-Lahab
PERTEMUAN II
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Tahfidz
surat
al-Kautsar dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Tahfidz
Muwajjah surat
al-Kautsar
PERTEMUAN III
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Tahfidz
surat al-‘Ashr
dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Tahfidz
Muwajjah surat
al-‘Ashr
6. SUMBER BELAJAR : Al-Qur’an / Juz ‘Amma
7. PENILAIAN
a. Teknik : Test Lisan
b. Bentuk Instrumen : Hafalan / Tahfidz
c. Contoh Instrumen : -
Mengetahui; Bekasi, 14 Desember 2008
Kepala MTs. Nurul Ikhlas, Guru Mata Pelajaran,
A. Rahman, S.Ag. Erlangga Irawan, S.Pd.I.
ﺑﺴﻢﺍﷲﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTs. NURUL IKHLAS
MATA PELAJARAN : BTQ (Tahfidz)
KELAS / SEMESTER : VII / I
TEMA / KONSEP : 2. Membaca al-Qur’an
ALOKASI WAKTU : 3 x 90 menit (6 jam pelajaran)
STANDAR
KOMPETENSI : Siswa dapat membaca al-Qur’an dengan baik dan
benar sesuai dengan kaidah ilmu Tajwid (tartil)
KOMPETENSI
DASAR : Membaca al-Qur’an denagn tartil
INDIKATOR : 1. Siswa
dapat membaca surat
surat
al-Baqoroh dengan tartil
1. TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa membaca al-Qur’an
dengan tartil
2. MATERI PEMBELAJARAN : Surat al-Baqoroh (2)
3. METODE PEMBELAJARAN : Tadarus &
Hafalan/Tahfidz
4. ORGANISASI KELAS : -
5. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN;
PERTEMUAN I
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Membaca
surat
al-Baqoroh dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Sorogan
surat al-Baqoroh
ayat 16-20
PERTEMUAN II
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Membaca
surat
al-Baqoroh dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Sorogan
surat
al-Baqoroh ayat 21-25
PERTEMUAN III
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Membaca
surat al
baqoroh dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Sorogan
surat
al-Baqoroh ayat 26-30
6. SUMBER BELAJAR : Al-Qur’an
7. PENILAIAN
a. Teknik : Test Lisan
b. Bentuk Instrumen : Sorogan
c. Contoh Instrumen : -
Mengetahui; Bekasi, 14 Desember 2008
Kepala MTs. Nurul Ikhlas, Guru Mata Pelajaran,
A. Rahman, S.Ag. Erlangga Irawan, S.Pd.I.
ﺑﺴﻢﺍﷲﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTs. NURUL IKHLAS
MATA PELAJARAN : BTQ (Tahfidz)
KELAS / SEMESTER : VII / II
TEMA / KONSEP : 3. Menulis Juz ‘Amma
ALOKASI WAKTU : 3 x 90 menit (6 jam pelajaran)
STANDAR
KOMPETENSI : Siswa dapat menulis juz ‘Amma dengan baik dan benar
KOMPETENSI
DASAR : Menulis Juz ‘Amma dengan benar(surat pilihan)
INDIKATOR : 1. Siswa
dapat menulis surat-surat pilihan dalam juz ‘Amma dengan benar
1. TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa dapat menulis
juz ‘Amma (surat
an-Nashr, al-Kafirun dan al-Maa’un)
2. MATERI PEMBELAJARAN : Surat an-Nashr (110), Surat al-Kaafirun (109) dan Surat al-Maa’un (107)
3. METODE PEMBELAJARAN : Tadarus & Penugasan
4. ORGANISASI KELAS : -
5. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN;
PERTEMUAN I
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Menulis
surat an-Nashr
dengan benar
c.
Kegiatan Akhir
Penilaian
PERTEMUAN II
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Menulis
surat
al-Kaafirun dengan benar
c.
Kegiatan Akhir
Penilaian
PERTEMUAN III
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Menulis
surat al-Maa’un
dengan benar
c.
Kegiatan Akhir
Penilaian
6. SUMBER BELAJAR : Al-Qur’an / Juz ‘Amma
7. PENILAIAN
a. Teknik : Penugasan
b. Bentuk Instrumen : Test Tulis
c. Contoh Instrumen : -
Mengetahui; Bekasi, 14 Desember 2008
Kepala MTs. Nurul Ikhlas, Guru Mata Pelajaran,
A. Rahman, S.Ag. Erlangga Irawan, S.Pd.I.
ﺑﺴﻢﺍﷲﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTs. NURUL IKHLAS
MATA PELAJARAN : BTQ (Tahfidz)
KELAS / SEMESTER : VII / II
TEMA / KONSEP : 3. Hafalan Juz ‘Amma
ALOKASI WAKTU : 3 x 90 menit (6 jam pelajaran)
STANDAR
KOMPETENSI : Siswa hafal juz ‘Amma dengan tartil
KOMPETENSI
DASAR : Menghafal Juz ‘Amma dengan tartil (surat-surat
pilihan)
INDIKATOR : 1. Siswa
hafal surat-surat pendek pilihan dalam juz ‘Amma dengan tartil
1. TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa hafal juz ‘Amma
(surat an-Nashr,
al-Kafirun dan al-Maa’un)
2. MATERI PEMBELAJARAN : Surat an-Nashr (110), Surat al-Kaafirun (109) dan Surat al-Maa’un (107)
3. METODE PEMBELAJARAN : Tadarus &
Hafalan/Tahfidz
4. ORGANISASI KELAS : -
5. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN;
PERTEMUAN I
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Tahfidz
surat an-Nashr
dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Tahfidz
Muwajjah surat
an-Nashr
PERTEMUAN II
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Tahfidz
surat
al-Kaafirun dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Tahfidz
Muwajjah surat
al-Kaafirun
PERTEMUAN III
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Tahfidz
surat al-Maa’un
dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Tahfidz
Muwajjah surat
al-Maa’un
6. SUMBER BELAJAR : Al-Qur’an / Juz ‘Amma
7. PENILAIAN
a. Teknik : Test Lisan
b. Bentuk Instrumen : Hafalan / Tahfidz
c. Contoh Instrumen : -
Mengetahui; Bekasi, 14 Desember 2008
Kepala MTs. Nurul Ikhlas, Guru Mata Pelajaran,
A. Rahman, S.Ag. Erlangga Irawan, S.Pd.I.
ﺑﺴﻢﺍﷲﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTs. NURUL IKHLAS
MATA PELAJARAN : BTQ (Tahfidz)
KELAS / SEMESTER : VII / II
TEMA / KONSEP : 3. Membaca al-Qur’an
ALOKASI WAKTU : 3 x 90 menit (6 jam pelajaran)
STANDAR
KOMPETENSI : Siswa dapat membaca al-Qur’an dengan baik dan
benar sesuai dengan kaidah ilmu Tajwid (tartil)
KOMPETENSI
DASAR : Membaca al-Qur’an denagn tartil
INDIKATOR : 1. Siswa
dapat membaca surat
surat
al-Baqoroh dengan tartil
1. TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa membaca
al-Qur’an dengan tartil
2. MATERI PEMBELAJARAN : Surat Surat
al-Baqoroh (2)
3. METODE PEMBELAJARAN : Tadarus &
Hafalan/Tahfidz
4. ORGANISASI KELAS : -
5. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN;
PERTEMUAN I
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Membaca
surat
al-Baqoroh dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Sorogan
surat
al-Baqoroh ayat 31-35
PERTEMUAN II
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Membaca
surat
al-Baqoroh dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Sorogan
surat
al-Baqoroh ayat 36-40
PERTEMUAN III
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Membaca
surat al
baqoroh dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Sorogan
surat
al-Baqoroh ayat 41-45
6. SUMBER BELAJAR : Al-Qur’an
7. PENILAIAN
a. Teknik : Test Lisan
b. Bentuk Instrumen : Sorogan
c. Contoh Instrumen : -
Mengetahui; Bekasi, 14 Desember 2008
Kepala MTs. Nurul Ikhlas, Guru Mata Pelajaran,
A. Rahman, S.Ag. Erlangga Irawan, S.Pd.I.
ﺑﺴﻢﺍﷲﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTs. NURUL IKHLAS
MATA PELAJARAN : BTQ (Tahfidz)
KELAS / SEMESTER : VII / II
TEMA / KONSEP : 4. Menulis al-Qur’an
ALOKASI WAKTU : 3 x 90 menit (6 jam pelajaran)
STANDAR
KOMPETENSI : Siswa dapat menulis juz ‘Amma dengan baik dan benar
KOMPETENSI
DASAR : Menulis Juz ‘Amma dengan benar(surat pilihan)
INDIKATOR : 1. Siswa
dapat menulis surat-surat pilihan dalam juz ‘Amma dengan benar
1. TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa dapat menulis
juz ‘Amma (surat
al-Quraisy, al-Fiil dan al-Humazah)
2. MATERI PEMBELAJARAN : Surat al-Quraisy (106), Surat al-Fiil (105) dan Surat al-Humazah (104)
3. METODE PEMBELAJARAN : Tadarus & Penugasan
4. ORGANISASI KELAS : -
5. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN;
PERTEMUAN I
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Menulis
surat al-Quraisy
dengan benar
c.
Kegiatan Akhir
Penilaian
PERTEMUAN II
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Menulis
surat al-Fiil
dengan benar
c.
Kegiatan Akhir
Penilaian
PERTEMUAN III
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Menulis
surat al-Humazah
dengan benar
c.
Kegiatan Akhir
Penilaian
6. SUMBER BELAJAR : Al-Qur’an / Juz ‘Amma
7. PENILAIAN
a. Teknik : Penugasan
b. Bentuk Instrumen : Test Tulis
c. Contoh Instrumen : -
Mengetahui; Bekasi, 14 Desember 2008
Kepala MTs. Nurul Ikhlas, Guru Mata Pelajaran,
A. Rahman, S.Ag. Erlangga Irawan, S.Pd.I.
ﺑﺴﻢﺍﷲﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
MTs. NURUL IKHLAS
MATA PELAJARAN : BTQ (Tahfidz)
KELAS / SEMESTER : VII / II
TEMA / KONSEP : 4. Hafalan Juz ‘Amma
ALOKASI WAKTU : 3 x 90 menit (6 jam pelajaran)
STANDAR
KOMPETENSI : Siswa hafal juz ‘Amma dengan tartil
KOMPETENSI
DASAR : Menghafal Juz ‘Amma dengan tartil (surat-surat
pilihan)
INDIKATOR : 1. Siswa
hafal surat-surat pendek pilihan dalam juz ‘Amma dengan tartil
1. TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa hafal juz ‘Amma
(surat al-Quraisy,
al-Fiil dan al-Humazah)
2. MATERI PEMBELAJARAN : Surat al-Quraisy (106), Surat al-Fiil (105) dan Surat al-Humazah (104)
3. METODE PEMBELAJARAN : Tadarus &
Hafalan/Tahfidz
4. ORGANISASI KELAS : -
5. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN;
PERTEMUAN I
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Tahfidz
surat al-Quraisy
dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Tahfidz
Muwajjah surat
al-Quraisy
PERTEMUAN II
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Tahfidz
surat al-Fiil
dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Tahfidz
Muwajjah surat
al-Fiil
PERTEMUAN III
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Tahfidz
surat al-Humazah
dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Tahfidz
Muwajjah surat
al-Humazah
6. SUMBER BELAJAR : Al-Qur’an / Juz ‘Amma
7. PENILAIAN
a. Teknik : Test Lisan
b. Bentuk Instrumen : Hafalan / Tahfidz
c. Contoh Instrumen : -
Mengetahui; Bekasi, 14 Desember 2008
Kepala MTs. Nurul Ikhlas, Guru Mata Pelajaran,
A. Rahman, S.Ag. Erlangga Irawan, S.Pd.I.
ﺑﺴﻢﺍﷲﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTs. NURUL IKHLAS
MATA PELAJARAN : BTQ (Tahfidz)
KELAS / SEMESTER : VII / II
TEMA / KONSEP : 4. Membaca al-Qur’an
ALOKASI WAKTU : 3 x 90 menit (6 jam pelajaran)
STANDAR
KOMPETENSI : Siswa dapat membaca al-Qur’an dengan baik dan
benar sesuai dengan kaidah ilmu Tajwid (tartil)
KOMPETENSI
DASAR : Membaca al-Qur’an denagn tartil
INDIKATOR : 1. Siswa
dapat membaca surat
surat
al-Baqoroh dengan tartil
1. TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa membaca al-Qur’an
dengan tartil
2. MATERI PEMBELAJARAN : Surat al-Baqoroh (2)
3. METODE PEMBELAJARAN : Tadarus &
Hafalan/Tahfidz
4. ORGANISASI KELAS : -
5. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN;
PERTEMUAN I
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Membaca
surat
al-Baqoroh dengan tartil
d.
Kegiatan Akhir
Sorogan
surat al-Baqoroh
ayat 46-50
PERTEMUAN II
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Membaca
surat
al-Baqoroh dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Sorogan
surat
al-Baqoroh ayat 51-55
PERTEMUAN III
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
an-Naas s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Membaca
surat al
baqoroh dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Sorogan
surat
al-Baqoroh ayat 56-60
6. SUMBER BELAJAR : Al-Qur’an
7. PENILAIAN
a. Teknik : Test Lisan
b. Bentuk Instrumen : Sorogan
c. Contoh Instrumen : -
Mengetahui; Bekasi, 14 Desember 2008
Kepala MTs. Nurul Ikhlas, Guru Mata Pelajaran,
A. Rahman, S.Ag. Erlangga Irawan, S.Pd.I.
No comments:
Post a Comment