RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I
I
I I I
I I I
I I I
I I I
I I I
I
I
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
( K T S P )
Mata
Pelajaran :
Baca Tulis al-Qur’an (Tahfidz)
Kelas :
VIII (delapan)
Tahun
Pelajaran :
2008/2009
Guru Mata Pelajaran :
Erlangga, S.Pd.I.
MTs.
NURUL IKHLAS KOTA
BEKASI
Jl. Pengasinan Raya II No.9 Rawalumbu Kota Bekasi
Telp. 021 822 5747
ﺑﺴﻢﺍﷲﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTs. NURUL IKHLAS
MATA
PELAJARAN : BTQ (Tahfidz)
KELAS
/ SEMESTER : VIII / I
TEMA
/ KONSEP :
1. Menulis Juz ‘Amma
ALOKASI
WAKTU : 10 x 90 menit (5 pertemuan)
STANDAR
KOMPETENSI : Siswa dapat menulis juz ‘Amma dengan baik dan benar
KOMPETENSI
DASAR : Menulis Juz ‘Amma dengan benar (surat pilihan)
INDIKATOR : 1. Siswa
dapat menulis surat-surat pilihan dalam juz ‘Amma dengan benar
1.
TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa
dapat menulis juz ‘Amma (surat
at-Takatsur s/d surat
al-Bayyinah)
2.
MATERI PEMBELAJARAN : 2.1.
Surat at-Takaatsur
(102)
: 2.2. Surat
al-Qoori’ah (101)
:
2.3. Surat al-‘Adiyat (100)
:
2.4. Surat al-Zalzalah (99)
: 2.5. Surat
al-Bayyinah (98)
3.
METODE PEMBELAJARAN : Tadarus
& Penugasan
4.
ORGANISASI KELAS : -
5.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN;
PERTEMUAN I
a.
Kegiatan
Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan
Inti
Menulis
surat at-Takaatsur
dengan benar
c.
Kegiatan
Akhir
Penilaian
PERTEMUAN II
a.
Kegiatan
Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan
Inti
Menulis
surat al-Qoori’ah
dengan benar
c.
Kegiatan
Akhir
Penilaian
PERTEMUAN III
a.
Kegiatan
Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan
Inti
Menulis
surat al-‘Adiyaat
dengan benar
c.
Kegiatan
Akhir
Penilaian
PERTEMUAN IV
a.
Kegiatan
Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan
Inti
Menulis
surat
al-Zalzalah dengan benar
c.
Kegiatan
Akhir
Penilaian
PERTEMUAN V
a.
Kegiatan
Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan
Inti
Menulis
surat
al-Bayyinah dengan benar
c.
Kegiatan
Akhir
Penilaian
6. SUMBER BELAJAR : Al-Qur’an / Juz ‘Amma
7.
PENILAIAN
a. Teknik : Penugasan
b. Bentuk Instrumen : Test Tulis
c. Contoh Instrumen :
Mengetahui; Bekasi,
14 Desember 2008
Kepala MTs.
Nurul Ikhlas, Guru
Mata Pelajaran,
A. Rahman, S.Ag. Erlangga
Irawan, S.Pd.I.
ﺑﺴﻢﺍﷲﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTs. NURUL IKHLAS
MATA
PELAJARAN : BTQ (Tahfidz)
KELAS
/ SEMESTER : VIII / I
TEMA
/ KONSEP : 2. Hafalan Juz ‘Amma
ALOKASI
WAKTU : 10 x 90 menit (5 pertemuan)
STANDAR KOMPETENSI : Siswa
hafal juz ‘Amma dengan tartil
KOMPETENSI DASAR : Menghafal
Juz ‘Amma dengan tartil (surat-surat pilihan)
INDIKATOR : 1. Siswa
hafal surat-surat pendek pilihan dalam juz ‘Amma dengan tartil
1.
TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa
hafal juz ‘Amma (surat
at-Takatsur s/d surat
al-Bayyinah)
2.
MATERI PEMBELAJARAN : 2.1.
Surat at-Takaatsur
(102)
: 2.2. Surat
al-Qoori’ah (101)
:
2.3. Surat al-‘Adiyat (100)
:
2.4. Surat al-Zalzalah (99)
: 2.5. Surat
al-Bayyinah (98)
3.
METODE PEMBELAJARAN : Tadarus
& Hafalan/Tahfidz
4.
ORGANISASI KELAS : -
5.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN;
PERTEMUAN I
a.
Kegiatan
Awal
Tadarus Juz ‘Amma (surat adh-Dhuhaa s/d surat al-‘Ashr)
b.
Kegiatan
Inti
Tahfidz
surat at-Takaatsur
dengan tartil
c.
Kegiatan
Akhir
Tahfidz
Muwajjah surat
at-Takaatsur
PERTEMUAN II
a.
Kegiatan
Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan
Inti
Tahfidz
surat al-Qoori’ah
dengan tartil
c.
Kegiatan
Akhir
Tahfidz
Muwajjah surat
al-Qoori’ah
PERTEMUAN III
a.
Kegiatan
Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan
Inti
Tahfidz
surat al-‘Adiyat
dengan tartil
c.
Kegiatan
Akhir
Tahfidz
Muwajjah surat al-‘Adiyat
PERTEMUAN IV
a.
Kegiatan
Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan
Inti
Tahfidz
surat
al-Zalzalah dengan tartil
c.
Kegiatan
Akhir
Tahfidz Muwajjah surat al-Zalzalah
PERTEMUAN V
a.
Kegiatan
Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan
Inti
Tahfidz
surat
al-Bayyinah dengan tartil
c.
Kegiatan
Akhir
Tahfidz Muwajjah surat al-Bayyinah
6. SUMBER BELAJAR : Al-Qur’an / Juz ‘Amma
7.
PENILAIAN
a. Teknik : Test Lisan
b. Bentuk Instrumen : Hafalan / Tahfidz
c. Contoh Instrumen : -
Mengetahui; Bekasi, 14 Desember 2008
Kepala MTs. Nurul Ikhlas, Guru Mata Pelajaran,
A. Rahman, S.Ag. Erlangga Irawan, S.Pd.I.
ﺑﺴﻢﺍﷲﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTs. NURUL IKHLAS
MATA
PELAJARAN : BTQ (Tahfidz)
KELAS
/ SEMESTER : VIII / I
TEMA
/ KONSEP : 3. Membaca al-Qur’an
ALOKASI
WAKTU : 16 x 90 menit (8 pertemuan)
STANDAR
KOMPETENSI : Siswa dapat membaca al-Qur’an dengan baik dan
benar sesuai dengan kaidah ilmu Tajwid (tartil)
KOMPETENSI
DASAR : Membaca al-Qur’an denagn tartil
INDIKATOR : 1. Siswa
dapat membaca surat
surat
al-Baqoroh dengan tartil
1. TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa membaca
al-Qur’an dengan tartil
2. MATERI PEMBELAJARAN : Surat al-Baqoroh (2) Juz II
3. METODE PEMBELAJARAN : Tadarus &
Hafalan/Tahfidz
4. ORGANISASI KELAS : -
5. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN;
PERTEMUAN I
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Membaca
surat al-Baqoroh
dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Sorogan
surat al-Baqoroh
ayat 142-143
PERTEMUAN II
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Membaca
surat
al-Baqoroh dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Sorogan
surat
al-Baqoroh ayat 144-145
PERTEMUAN III
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Membaca
surat al
baqoroh dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Sorogan
surat
al-Baqoroh ayat 146-147
PERTEMUAN IV
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Membaca
surat al
baqoroh dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Sorogan
surat
al-Baqoroh ayat 148-149
PERTEMUAN V
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Membaca
surat al
baqoroh dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Sorogan
surat
al-Baqoroh ayat 150-151
PERTEMUAN VI
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Membaca
surat al
baqoroh dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Sorogan
surat
al-Baqoroh ayat 152-153
PERTEMUAN VII
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Membaca
surat al
baqoroh dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Sorogan
surat
al-Baqoroh ayat 154-155
PERTEMUAN VIII
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Membaca
surat al
baqoroh dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Sorogan
surat
al-Baqoroh ayat 156-157
6. SUMBER BELAJAR : Al-Qur’an
7. PENILAIAN
a. Teknik : Test Lisan
b. Bentuk Instrumen : Sorogan
c. Contoh Instrumen : -
Mengetahui; Bekasi, 14 Desember 2008
Kepala MTs. Nurul Ikhlas, Guru Mata Pelajaran,
A. Rahman, S.Ag. Erlangga Irawan, S.Pd.I.
ﺑﺴﻢﺍﷲﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTs. NURUL IKHLAS
MATA
PELAJARAN : BTQ (Tahfidz)
KELAS
/ SEMESTER : VIII / II
TEMA
/ KONSEP :
4. Menulis Juz ‘Amma
ALOKASI
WAKTU : 10 x 90 menit (5 pertemuan)
STANDAR
KOMPETENSI : Siswa dapat menulis juz ‘Amma dengan baik dan benar
KOMPETENSI
DASAR : Menulis Juz ‘Amma dengan benar(surat pilihan)
INDIKATOR : 1. Siswa
dapat menulis surat-surat pilihan dalam juz ‘Amma dengan benar
1.
TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa
dapat menulis juz ‘Amma (surat
al-Qodr s/d surat
adh-Dhuhaa)
2.
MATERI PEMBELAJARAN : 1.
surat al-Qodr
(97)
:
2. surat
al-‘Alaq (96)
:
3. surat
at-Tiin (95)
: 4. surat
al-Insyiroh (94)
:
5. surat
adh-Dhuhaa (93)
3.
METODE PEMBELAJARAN : Tadarus
& Penugasan
4.
ORGANISASI KELAS : -
5.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN;
PERTEMUAN I
a.
Kegiatan
Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan
Inti
Menulis
surat al-Qodr
dengan benar
c.
Kegiatan
Akhir
Penilaian
PERTEMUAN II
a.
Kegiatan
Awal
Tadarus Juz ‘Amma (surat adh-Dhuhaa s/d surat al-‘Ashr)
b.
Kegiatan
Inti
Menulis
surat al-‘Alaq
dengan benar
c.
Kegiatan
Akhir
Penilaian
PERTEMUAN III
a.
Kegiatan
Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan
Inti
Menulis
surat at-Tiin
dengan benar
c.
Kegiatan
Akhir
Penilaian
PERTEMUAN IV
a.
Kegiatan
Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan
Inti
Menulis
surat
al-Insyiroh dengan benar
c.
Kegiatan
Akhir
Penilaian
PERTEMUAN V
a.
Kegiatan
Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan
Inti
Menulis
surat
adh-Dhuhaa dengan benar
c.
Kegiatan
Akhir
Penilaian
6. SUMBER BELAJAR : Al-Qur’an / Juz ‘Amma
7.
PENILAIAN
a. Teknik : Penugasan
b. Bentuk Instrumen : Test Tulis
c. Contoh Instrumen : -
Mengetahui; Bekasi, 14 Desember 2008
Kepala MTs. Nurul Ikhlas, Guru Mata Pelajaran,
A. Rahman, S.Ag. Erlangga Irawan, S.Pd.I.
ﺑﺴﻢﺍﷲﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTs. NURUL IKHLAS
MATA
PELAJARAN : BTQ (Tahfidz)
KELAS
/ SEMESTER : VIII / II
TEMA
/ KONSEP : 5. Hafalan Juz ‘Amma
ALOKASI
WAKTU : 10 x 90 menit (5 pertemuan)
STANDAR KOMPETENSI : Siswa
hafal juz ‘Amma dengan tartil
KOMPETENSI DASAR : Menghafal
Juz ‘Amma dengan tartil (surat-surat pilihan)
INDIKATOR : 1. Siswa
hafal surat-surat pendek pilihan dalam juz ‘Amma dengan tartil
1.
TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa
hafal juz ‘Amma (surat
an-Nashr, al-Kafirun dan al-Maa’un)
2.
MATERI PEMBELAJARAN : 1.
surat al-Qodr
(97)
:
2. surat
al-‘Alaq (96)
:
3. surat
at-Tiin (95)
: 4. surat
al-Insyiroh (94)
:
5. surat
adh-Dhuhaa (93)
3.
METODE PEMBELAJARAN : Tadarus
& Hafalan/Tahfidz
4.
ORGANISASI KELAS : -
5.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN;
PERTEMUAN I
a.
Kegiatan
Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan
Inti
Tahfidz
surat al-Qodr
dengan tartil
c.
Kegiatan
Akhir
Tahfidz
Muwajjah surat
al-Qodr
PERTEMUAN II
a.
Kegiatan
Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan
Inti
Tahfidz
surat al-‘Alaq
dengan tartil
c.
Kegiatan
Akhir
Tahfidz
Muwajjah surat
al-‘Alaq
PERTEMUAN III
a.
Kegiatan
Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan
Inti
Tahfidz
surat at-Tiin
dengan tartil
c.
Kegiatan
Akhir
Tahfidz
Muwajjah surat
at-Tiin
PERTEMUAN IV
a.
Kegiatan
Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan
Inti
Tahfidz
surat
al-Insyiroh dengan tartil
c.
Kegiatan
Akhir
Tahfidz
Muwajjah surat
al-Insyiroh
PERTEMUAN V
a.
Kegiatan
Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan
Inti
Tahfidz
surat
adh-Dhuhaa dengan tartil
c.
Kegiatan
Akhir
Tahfidz
Muwajjah surat
adh-Dhuhaa
6. SUMBER BELAJAR : Al-Qur’an / Juz ‘Amma
7.
PENILAIAN
a. Teknik : Test Lisan
b. Bentuk Instrumen : Hafalan / Tahfidz
c. Contoh Instrumen : -
Mengetahui; Bekasi, 14 Desember 2008
Kepala MTs. Nurul Ikhlas, Guru Mata Pelajaran,
A. Rahman, S.Ag. Erlangga Irawan, S.Pd.I.
ﺑﺴﻢﺍﷲﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTs. NURUL IKHLAS
MATA
PELAJARAN : BTQ (Tahfidz)
KELAS
/ SEMESTER : VIII / II
TEMA
/ KONSEP : 6. Membaca al-Qur’an
ALOKASI
WAKTU : 16 x 90 menit (8 pertemuan)
STANDAR
KOMPETENSI : Siswa dapat membaca al-Qur’an dengan baik dan
benar sesuai dengan kaidah ilmu Tajwid (tartil)
KOMPETENSI
DASAR : Membaca al-Qur’an denagn tartil
INDIKATOR : 1. Siswa
dapat membaca surat
surat
al-Baqoroh dengan tartil
1. TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa membaca
al-Qur’an dengan tartil
2. MATERI PEMBELAJARAN : Surat Surat
al-Baqoroh (2) juz II
3. METODE PEMBELAJARAN : Tadarus &
Hafalan/Tahfidz
4. ORGANISASI KELAS : -
5. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN;
PERTEMUAN I
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Membaca
surat
al-Baqoroh dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Sorogan
surat
al-Baqoroh ayat 158-160
PERTEMUAN II
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Membaca
surat
al-Baqoroh dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Sorogan
surat
al-Baqoroh ayat 161-163
PERTEMUAN III
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Membaca
surat al
baqoroh dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Sorogan
surat
al-Baqoroh ayat 164-166
PERTEMUAN IV
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Membaca
surat al
baqoroh dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Sorogan
surat
al-Baqoroh ayat 167-169
PERTEMUAN V
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Membaca
surat al
baqoroh dengan tartil
a.
Kegiatan Akhir
Sorogan
surat
al-Baqoroh ayat 170-172
PERTEMUAN VI
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Membaca
surat al
baqoroh dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Sorogan
surat
al-Baqoroh ayat 173-175
PERTEMUAN VII
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Membaca
surat al
baqoroh dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Sorogan
surat
al-Baqoroh ayat 176-178
PERTEMUAN VIII
a.
Kegiatan Awal
Tadarus
Juz ‘Amma (surat
adh-Dhuhaa s/d surat
al-‘Ashr)
b.
Kegiatan Inti
Membaca
surat al
baqoroh dengan tartil
c.
Kegiatan Akhir
Sorogan
surat al-Baqoroh ayat 179-181
6. SUMBER BELAJAR : Al-Qur’an
7. PENILAIAN
a. Teknik : Test Lisan
b. Bentuk Instrumen : Sorogan
c. Contoh Instrumen : -
Mengetahui; Bekasi, 14 Desember 2008
Kepala MTs. Nurul Ikhlas, Guru Mata Pelajaran,
A. Rahman, S.Ag. Erlangga Irawan, S.Pd.I.
No comments:
Post a Comment