Monday, February 10, 2020

RPP BTQ (tahfizh) KTSP kls IX


ﺑﺴﻢﺍﷲﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTs. NURUL IKHLAS

MATA PELAJARAN                                    : BTQ (Tahfidz)
KELAS / SEMESTER                                  : IX / I
TEMA / KONSEP                                        : Hafalan Juz ‘Amma 1
ALOKASI WAKTU                                       : 4 x 90 menit (8 jam pelajaran)

STANDAR KOMPETENSI                           : Siswa hafal juz ‘Amma dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu Tajwid
KOMPETENSI DASAR                               :  Menghafal Juz ‘Amma (surat an-Naas s/d al-‘Ashr)
INDIKATOR                                                :  1.   Siswa dapat membaca surat an-Naas s/d al-‘Ashr dengan tartil
2.       Siswa hafal surat an-Naas s/d al-‘Ashr dengan tartil


1.   TUJUAN PEMBELAJARAN                   : Siswa hafal juz ‘Amma (surat an-Naas s/d al-‘Ashr)
2.   MATERI PEMBELAJARAN                   : Surat an-Naas (114) s/d Surat al-‘Ashr (103)
3.   METODE PEMBELAJARAN                  :  Tadarus & Hafalan/Tahfidz
4.   ORGANISASI KELAS                           :  -
5.   LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN;
     
      PERTEMUAN I
a.       Kegiatan Awal
Tadarus Juz ‘Amma (surat an-Naas s/d surat al-‘Ashr)
b.       Kegiatan Inti
Tahfidz (surat an-Naas, al-Falaq, al-Ikhlas, al-Lahab, al-Kautsar dan al-‘Ashr)
c.       Kegiatan Akhir
Tahfidz Muwajjah (surat an-Naas, al-Falaq, al-Ikhlas, al-Lahab, al-Kautsar dan al-‘Ashr)

      PERTEMUAN II
a.       Kegiatan Awal
Tadarus Juz ‘Amma (surat an-Naas s/d surat al-‘Ashr)
b.       Kegiatan Inti
Tahfidz (surat an-Nasr, al-Kaafirun dan al-Ma’un)
c.       Kegiatan Akhir
Tahfidz Muwajjah (surat an-Nasr, al-Kaafirun dan al-Ma’un)

      PERTEMUAN III
a.       Kegiatan Awal
Tadarus Juz ‘Amma (surat an-Naas s/d surat al-‘Ashr)
b.       Kegiatan Inti
Tahfidz (surat al-Quraisy, al-Fiil dan al-Humazah)
c.       Kegiatan Akhir
Tahfidz Muwajjah (surat al-Quraisy, al-Fiil dan al-Humazah)

      PERTEMUAN IV
a.       Kegiatan Awal
Tadarus Juz ‘Amma (surat an-Naas s/d surat al-‘Ashr)
b.       Kegiatan Inti
Tahfidz (surat an-Naas s/d surat al-‘Ashr)
c.       Kegiatan Akhir
            Evaluasi / Test Lisan (surat an-Naas s/d surat al-‘Ashr)

6.   SUMBER BELAJAR                              :  Al-Qur’an / Juz ‘Amma
7.   PENILAIAN                                           
      a. Teknik                                               : Test Lisan
      b. Bentuk Instrumen                               :  Hafalan / Tahfidz
      c. Contoh Instrumen                              :  -







Mengetahui;                                                                     Bekasi, 14 Desember 2008
Kepala MTs. Nurul Ikhlas,                                                Guru Mata Pelajaran,



A. Rahman, S.Ag.                                       ....................................




ﺑﺴﻢﺍﷲﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTs. NURUL IKHLAS

MATA PELAJARAN                                    : BTQ (Tahfidz)
KELAS / SEMESTER                                  : IX / I
TEMA / KONSEP                                        : Hafalan Juz ‘Amma 2
ALOKASI WAKTU                                       : 4 x 90 menit (8 jam pelajaran)

STANDAR KOMPETENSI   :     Siswa hafal juz ‘Amma dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu Tajwid
KOMPETENSI DASAR       :     Menghafal Juz ‘Amma (surat at-Takatsur s/d surat adh-Dhuhaa)
INDIKATOR                        :     1.   Siswa dapat membaca surat at-Takatsur s/d surat adh-Dhuhaa dengan tartil
2.       Siswa hafal surat at-Takatsur s/d surat adh-Dhuhaa dengan tartil


1.   TUJUAN PEMBELAJARAN                   : Siswa hafal juz ‘Amma (surat at-Takatsur s/d surat adh-Dhuhaa)
2.   MATERI PEMBELAJARAN                   : Surat at-Takatsur (102) s/d Surat adh-Dhuhaa (93)
3.   METODE PEMBELAJARAN                  :  Tadarus & Hafalan/Tahfidz
4.   ORGANISASI KELAS                           :  -
5.   LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN;
     
      PERTEMUAN I
a.       Kegiatan Awal
Tadarus Juz ‘Amma (surat at-Takatsur s/d surat adh-Dhuhaa)
b.       Kegiatan Inti
Tahfidz (surat at-Takatsur, al-Qori’ah, al-‘Adiyat dan al-Zalzalah)
c.       Kegiatan Akhir
Tahfidz Muwajjah (surat at-Takatsur, al-Qori’ah, al-‘Adiyat dan al-Zalzalah)

      PERTEMUAN II
a.       Kegiatan Awal
Tadarus Juz ‘Amma (surat at-Takatsur s/d surat adh-Dhuhaa)
b.       Kegiatan Inti
Tahfidz (surat al-Bayyinah, al-‘Alaq dan al-Qodr)
c.       Kegiatan Akhir
Tahfidz Muwajjah (surat al-Bayyinah, al-‘Alaq dan al-Qodr)
      PERTEMUAN III
a.       Kegiatan Awal
Tadarus Juz ‘Amma (surat at-Takatsur s/d surat adh-Dhuhaa)
b.       Kegiatan Inti
Tahfidz (surat at-Tiin, al-Insyiroh dan adh-Dhuhaa)
c.       Kegiatan Akhir
Tahfidz Muwajjah (surat at-Tiin, al-Insyiroh dan adh-Dhuhaa)

      PERTEMUAN IV
a.       Kegiatan Awal
Tadarus Juz ‘Amma (surat at-Takatsur s/d surat adh-Dhuhaa)
b.       Kegiatan Inti
Tahfidz (surat at-Takatsur s/d surat adh-Dhuhaa)
c.       Kegiatan Akhir
            Evaluasi / Test Lisan (surat at-Takatsur s/d surat adh-Dhuhaa)

6.   SUMBER BELAJAR                              :  Al-Qur’an / Juz ‘Amma
7.   PENILAIAN                                           
      a. Teknik                                               : Test Lisan
      b. Bentuk Instrumen                               :  Hafalan / Tahfidz
      c. Contoh Instrumen                              :  -







Mengetahui;                                                                     Bekasi, 14 Desember 2008

Kepala MTs. Nurul Ikhlas,                                                Guru Mata Pelajaran,



A. Rahman, S.Ag.                                       ....................................





ﺑﺴﻢﺍﷲﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTs. NURUL IKHLAS

MATA PELAJARAN                                    : BTQ (Tahfidz)
KELAS / SEMESTER                                  : IX / I
TEMA / KONSEP                                        : Hafalan Juz ‘Amma 3
ALOKASI WAKTU                                       : 4 x 90 menit (8 jam pelajaran)

STANDAR KOMPETENSI                           : Siswa hafal juz ‘Amma dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu Tajwid
KOMPETENSI DASAR                               :  Menghafal Juz ‘Amma (surat al-Lail, asy-Syams, al-Balad)
INDIKATOR                                                :  1.   Siswa dapat membaca surat al-Lail, asy-Syams, al-Balad dengan tartil
2.       Siswa hafal surat al-Lail, asy-Syams, al-Balad dengan tartil


1.   TUJUAN PEMBELAJARAN                   : Siswa hafal juz ‘Amma (surat al-Lail, asy-Syams, al-Balad)
2.   MATERI PEMBELAJARAN                   : Surat al-Lail (92) s/d Surat al-Balad (90)
3.   METODE PEMBELAJARAN                  :  Tadarus & Hafalan/Tahfidz
4.   ORGANISASI KELAS                           :  -
5.   LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN;
     
      PERTEMUAN I
a.       Kegiatan Awal
Tadarus Juz ‘Amma (surat al-Lail, surat asy-Syams dan surat al-Balad)
b.       Kegiatan Inti
Tahfidz surat al-Lail (92)
c.       Kegiatan Akhir
Tahfidz Muwajjah surat al-Lail (92)

      PERTEMUAN II
a.       Kegiatan Awal
Tadarus Juz ‘Amma (surat al-Lail, surat asy-Syams dan surat al-Balad)
b.       Kegiatan Inti
Tahfidz surat asy-Syams (91)
c.       Kegiatan Akhir
Tahfidz Muwajjah surat asy-Syams (91)
      PERTEMUAN III
a.       Kegiatan Awal
Tadarus Juz ‘Amma (surat al-Lail, surat asy-Syams dan surat al-Balad)
b.       Kegiatan Inti
Tahfidz surat al-Balad (90)
c.       Kegiatan Akhir
Tahfidz Muwajjah surat al-Balad (90)

      PERTEMUAN IV
d.       Kegiatan Awal
Tadarus Juz ‘Amma (surat al-Lail, surat asy-Syams dan surat al-Balad)
e.       Kegiatan Inti
Tahfidz (surat al-Lail, surat asy-Syams dan surat al-Balad)
f.        Kegiatan Akhir
            Evaluasi / Test Lisan (surat al-Lail, surat asy-Syams dan surat al-Balad)

6.   SUMBER BELAJAR                              :  Al-Qur’an / Juz ‘Amma
7.   PENILAIAN                                           
      a. Teknik                                               : Test Lisan
      b. Bentuk Instrumen                               :  Hafalan / Tahfidz
      c. Contoh Instrumen                              :  -







Mengetahui;                                                                     Bekasi, 14 Desember 2008

Kepala MTs. Nurul Ikhlas,                                                Guru Mata Pelajaran,



A. Rahman, S.Ag.                                       ....................................





ﺑﺴﻢﺍﷲﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTs. NURUL IKHLAS

MATA PELAJARAN                                    : BTQ (Tahfidz)
KELAS / SEMESTER                                  : IX / I
TEMA / KONSEP                                        : Hafalan Juz ‘Amma 4
ALOKASI WAKTU                                       : 5 x 90 menit (10 jam pelajaran)

STANDAR KOMPETENSI                           : Siswa hafal juz ‘Amma dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu Tajwid
KOMPETENSI DASAR                               :  Menghafal Juz ‘Amma (surat al-Fajr, al-Ghosiyah, al-‘Alaa)
INDIKATOR                                                :  1.   Siswa dapat membaca surat al-Fajr, al-Ghosiyah, al-‘Alaa dengan tartil
2.       Siswa hafal surat al-Fajr, al-Ghosiyah, al-‘Alaa dengan tartil


1.   TUJUAN PEMBELAJARAN                   : Siswa hafal juz ‘Amma (surat al-Fajr, al-Ghosiyah, al-‘Alaa)
2.   MATERI PEMBELAJARAN                   : Surat al-Fajr (89) s/d Surat al-Balad (87)
3.   METODE PEMBELAJARAN                  :  Tadarus & Hafalan/Tahfidz
4.   ORGANISASI KELAS                           :  -
5.   LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN;
     
      PERTEMUAN I
a.       Kegiatan Awal
Tadarus Juz ‘Amma (surat al-Fajr, surat al-Ghosiyah dan surat al-‘Alaa)
b.       Kegiatan Inti
Tahfidz surat al-Fajr (89)
c.       Kegiatan Akhir
Tahfidz Muwajjah surat al-Fajr (89)

      PERTEMUAN II
a.       Kegiatan Awal
Tadarus Juz ‘Amma (surat al-Fajr, surat al-Ghosiyah dan surat al-‘Alaa)
b.       Kegiatan Inti
Tahfidz surat al-Ghosiyah (88)
c.       Kegiatan Akhir
Tahfidz Muwajjah surat al-Ghosiyah (88)
      PERTEMUAN III
a.       Kegiatan Awal
Tadarus Juz ‘Amma (surat al-Fajr, surat al-Ghosiyah dan surat al-‘Alaa)
b.       Kegiatan Inti
Tahfidz surat al-‘Alaa (87)
c.       Kegiatan Akhir
Tahfidz Muwajjah surat al-‘Alaa (87)

      PERTEMUAN IV
a.       Kegiatan Awal
Tadarus Juz ‘Amma (surat al-Fajr, surat al-Ghosiyah dan surat al-‘Alaa)
b.       Kegiatan Inti
Tahfidz (surat al-Fajr, surat al-Ghosiyah dan surat al-‘Alaa)
c.       Kegiatan Akhir
            Evaluasi / Test Lisan (surat al-Fajr, surat al-Ghosiyah dan surat al-‘Alaa)

6.   SUMBER BELAJAR                              :  Al-Qur’an / Juz ‘Amma
7.   PENILAIAN                                           
      a. Teknik                                               : Test Lisan
      b. Bentuk Instrumen                               :  Hafalan / Tahfidz
      c. Contoh Instrumen                              :  -







Mengetahui;                                                                     Bekasi, 14 Desember 2008

Kepala MTs. Nurul Ikhlas,                                                Guru Mata Pelajaran,



A. Rahman, S.Ag.                                       ....................................





ﺑﺴﻢﺍﷲﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTs. NURUL IKHLAS

MATA PELAJARAN                        : BTQ (Tahfidz)
KELAS / SEMESTER                      : IX / II
TEMA / KONSEP                            : Hafalan Juz ‘Amma 5
ALOKASI WAKTU                           : 5 x 90 menit (10 jam pelajaran)

STANDAR KOMPETENSI               : Siswa hafal juz ‘Amma dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu Tajwid
KOMPETENSI DASAR                   :  Menghafal Juz ‘Amma (surat ath-Thoriq, surat al-Buruj dan surat al-Insyiqoq)
INDIKATOR                                    :  1.   Siswa dapat membaca surat ath-Thoriq, al-Buruj dan al-Insyiqoq dengan tartil
2.       Siswa hafal surat ath-Thoriq, al-Buruj dan al-Insyiqoq dengan tartil

1.   TUJUAN PEMBELAJARAN       : Siswa hafal juz ‘Amma (surat ath-Thoriq, al-Buruj dan al-Insyiqoq)
2.   MATERI PEMBELAJARAN       : Surat ath-Thoriq (86) s/d Surat al-Insyiqoq (84)
3.   METODE PEMBELAJARAN      :  Tadarus & Hafalan/Tahfidz
4.   ORGANISASI KELAS               :  -
5.   LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN;
     
      PERTEMUAN I
a.       Kegiatan Awal
Tadarus Juz ‘Amma (surat ath-Thoriq, surat al-Buruj dan surat al-Insyiqoq)
b.       Kegiatan Inti
Tahfidz surat ath-Thoriq (86)
c.       Kegiatan Akhir
Tahfidz Muwajjah surat ath-Thoriq (86)

      PERTEMUAN II
a.       Kegiatan Awal
Tadarus Juz ‘Amma (surat ath-Thoriq, surat al-Buruj dan surat al-Insyiqoq)
b.       Kegiatan Inti
Tahfidz surat al-Buruj (85)
c.       Kegiatan Akhir
Tahfidz Muwajjah surat al-Buruj (85)
      PERTEMUAN III
a.       Kegiatan Awal
Tadarus Juz ‘Amma (surat ath-Thoriq, surat al-Buruj dan surat al-Insyiqoq)
b.       Kegiatan Inti
Tahfidz surat al-Insyiqoq (84)
c.       Kegiatan Akhir
Tahfidz Muwajjah surat al-Insyiqoq (84)

      PERTEMUAN IV
a.       Kegiatan Awal
Tadarus Juz ‘Amma (surat ath-Thoriq, surat al-Buruj dan surat al-Insyiqoq)
b.       Kegiatan Inti
Tahfidz (surat ath-Thoriq, surat al-Buruj dan surat al-Insyiqoq)
c.       Kegiatan Akhir
            Evaluasi / Test Lisan (surat ath-Thoriq, surat al-Buruj dan surat al-Insyiqoq)

6.   SUMBER BELAJAR                  :  Al-Qur’an / Juz ‘Amma
7.   PENILAIAN                               
      a. Teknik                                   : Test Lisan
      b. Bentuk Instrumen                   :  Hafalan / Tahfidz
      c. Contoh Instrumen                  :  -







Mengetahui;                                                                     Bekasi, 14 Desember 2008

Kepala MTs. Nurul Ikhlas,                                                Guru Mata Pelajaran,



A. Rahman, S.Ag.                                       ....................................





ﺑﺴﻢﺍﷲﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTs. NURUL IKHLAS

MATA PELAJARAN                        : BTQ (Tahfidz)
KELAS / SEMESTER                      : IX / II
TEMA / KONSEP                            : Hafalan Juz ‘Amma 6
ALOKASI WAKTU                           : 5 x 90 menit (10 jam pelajaran)

STANDAR KOMPETENSI               : Siswa hafal juz ‘Amma dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu Tajwid
KOMPETENSI DASAR                   :  Menghafal Juz ‘Amma (surat al-Muthaffifin, surat al-Infithar dan surat at-Takwir)
INDIKATOR                                    :  1.   Siswa dapat membaca surat al-Muthaffifin, surat al-Infithar dan surat at-Takwir dengan tartil
2.       Siswa hafal surat al-Muthaffifin, surat al-Infithar dan surat at-Takwir dengan tartil

1.   TUJUAN PEMBELAJARAN       : Siswa hafal juz ‘Amma (srat al-Muthaffifin, al-Infithar dan at-Takwir)
2.   MATERI PEMBELAJARAN       : Surat al-Muthaffifin (83) s/d Surat at-Takwir (81)
3.   METODE PEMBELAJARAN      :  Tadarus & Hafalan/Tahfidz
4.   ORGANISASI KELAS               :  -
5.   LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN;
     
      PERTEMUAN I
a.       Kegiatan Awal
Tadarus Juz ‘Amma (surat al-Muthaffifin, surat al-Infithar dan surat at-Takwir)
b.       Kegiatan Inti
Tahfidz surat al-Muthaffifin (83)
c.       Kegiatan Akhir
Tahfidz Muwajjah surat al-Muthaffifin (83)

      PERTEMUAN II
a.       Kegiatan Awal
Tadarus Juz ‘Amma (surat al-Muthaffifin, surat al-Infithar dan surat at-Takwir)
b.       Kegiatan Inti
Tahfidz surat al-Infithar (82)
c.       Kegiatan Akhir
Tahfidz Muwajjah surat al-Infithar (82)
      PERTEMUAN III
a.       Kegiatan Awal
Tadarus Juz ‘Amma (surat al-Muthaffifin, surat al-Infithar dan surat at-Takwir)
b.       Kegiatan Inti
Tahfidz surat at-Takwir (81)
c.       Kegiatan Akhir
Tahfidz Muwajjah surat at-Takwir (81)

      PERTEMUAN IV
a.       Kegiatan Awal
Tadarus Juz ‘Amma (surat al-Muthaffifin, surat al-Infithar dan surat at-Takwir)
b.       Kegiatan Inti
Tahfidz (surat al-Muthaffifin, surat al-Infithar dan surat at-Takwir)
c.       Kegiatan Akhir
            Evaluasi / Test Lisan (surat al-Muthaffifin, surat al-Infithar dan surat at-Takwir)

6.   SUMBER BELAJAR                  :  Al-Qur’an / Juz ‘Amma
7.   PENILAIAN                               
      a. Teknik                                   : Test Lisan
      b. Bentuk Instrumen                   :  Hafalan / Tahfidz
      c. Contoh Instrumen                  :  -







Mengetahui;                                                                     Bekasi, 14 Desember 2008

Kepala MTs. Nurul Ikhlas,                                                Guru Mata Pelajaran,



A. Rahman, S.Ag.                                       ....................................





ﺑﺴﻢﺍﷲﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTs. NURUL IKHLAS

MATA PELAJARAN                        : BTQ (Tahfidz)
KELAS / SEMESTER                      : IX / II
TEMA / KONSEP                            : Hafalan Juz ‘Amma 7
ALOKASI WAKTU                           : 5 x 90 menit (10 jam pelajaran)

STANDAR KOMPETENSI               : Siswa hafal juz ‘Amma dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu Tajwid
KOMPETENSI DASAR                   :  Menghafal Juz ‘Amma (surat ‘Abasa, surat an-Nazi’at dan surat an-Naba’)
INDIKATOR                                    :  1.   Siswa dapat membaca Juz ‘Amma dengan tartil
2.       Siswa hafal surat ‘Abasa, surat an-Nazi’at dan surat an-Naba’ dengan tartil

1.   TUJUAN PEMBELAJARAN       : Siswa hafal juz ‘Amma
2.   MATERI PEMBELAJARAN       : Juz ke-30 (juz ‘Amma)
3.   METODE PEMBELAJARAN      :  Tadarus & Hafalan/Tahfidz
4.   ORGANISASI KELAS               :  -
5.   LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN;
     
      PERTEMUAN I
a.       Kegiatan Awal
Tadarus Juz ‘Amma
b.       Kegiatan Inti
Tahfidz surat ‘Abasa (80)
c.       Kegiatan Akhir
Tahfidz Muwajjah surat ‘Abasa (80)

      PERTEMUAN II
a.       Kegiatan Awal
Tadarus Juz ‘Amma
b.       Kegiatan Inti
Tahfidz surat an-Nazi’at (79)
c.       Kegiatan Akhir
Tahfidz Muwajjah surat an-Nazi’at (79)
      PERTEMUAN III
a.       Kegiatan Awal
Tadarus Juz ‘Amma
b.       Kegiatan Inti
Tahfidz surat an-Naba’ (78)
c.       Kegiatan Akhir
Tahfidz Muwajjah surat an-Naba’ (78)

      PERTEMUAN IV
a.       Kegiatan Awal
Tadarus Juz ‘Amma
b.       Kegiatan Inti
Tahfidz (surat ‘Abasa, surat an-Nazi’at dan surat an-Naba’)
c.       Kegiatan Akhir
            Evaluasi / Test Lisan (surat ‘Abasa, surat an-Nazi’at dan surat an-Naba’)

6.   SUMBER BELAJAR                  :  Al-Qur’an / Juz ‘Amma
7.   PENILAIAN                               
      a. Teknik                                   : Test Lisan
      b. Bentuk Instrumen                   :  Hafalan / Tahfidz
      c. Contoh Instrumen                  :  -







Mengetahui;                                                                     Bekasi, 14 Desember 2008

Kepala MTs. Nurul Ikhlas,                                                Guru Mata Pelajaran,



A. Rahman, S.Ag.                                       ....................................







No comments:

Post a Comment