DINAS PENDIDIKAN
SDN WANASARI 05
PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN
2019-2020
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas :
3 (Tiga)
Waktu : 90 menit
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, atau c untuk jawaban
yang paling tepat !
|
|||
1.
|
Ikhlas artinya …
|
||
|
a. beramal karena Allah
b. beramal karena ingin imbalan
c. beramal ingin pujian
|
|
|
2.
|
Ikhlas menjadi syarat diterimanya …
|
||
|
a. amal soleh
b. keburukan
c. iman
|
|
|
3.
|
Menjadi awal perbuatan baik adalah …
|
||
|
a. niat yang ikhlas
b. ingin dipuji
c. mencari upah
|
|
|
4.
|
Niat yang … akan mengantarkan perbuatan
yang ikhlas.
|
||
|
a. baik
b. buruk
c. riya
|
|
|
5.
|
Kemuliaan seseorang di sisi Allah dilihat
dari …
|
||
|
a. ketaqwaannya
b. ketampanannya
c. kecantikannya
|
|
|
7.
|
Allah SWT sebagai satu-satu nya tujuan dalam
…
|
||
|
a. beribadah
b. bekerja
c. belajar
|
|
|
8.
|
Memohon pertolongan hanya kepada …
|
||
|
a. Allah SWT
b. guru
c. orang tua
|
|
|
9.
|
Hanya kepada Engkaulah kami beribadah dan
hanya kepada Engkaulah kami mohon …
|
||
|
a. pertolongan
b. rizki
c. ilmu
|
|
|
10.
|
Cara memohon pertolongan kepada Allah SWT
adalah cara . . . .
|
||
|
a. berdo’a
b. belajar
c. bekerja
|
|
|
|
|
|
|
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan kalimat yang tepat!
|
|||
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
|
Bacaansurat al-Kautsar adalah pada
nomor …
Surat al-Kautsar adalah surat yang
ke … dalam al-Quran.
al-Kautsar
artinya …
Surat al-Kautsar terdiri atas … ayat.
Allah SWT melimpahkan nikmat yang banyak,
maka dirikanlah sholat dan …
al-‘Alim artinya …
Allah SWT … segala sesuatu.
Tidak ada seorang pun yang dapat … dimana
pun ia berada, Allah SWT tetap akan mengetahuinya.
Allah SWT mengetahui semua perkataan di …
dan di …
as-Sami’ artinya Allah Maha …
|
||
|
|
|
|
III. Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
|
|||
21.
22.
23.
|
Bagaimana sikapmu jika ada yang meminta sumbangan
untuk pembangunan masjid?
Tulislah bacaan do’a sebelum dan sesudah
belajar!
|
||
24.
|
| ||
25.
|
|
No comments:
Post a Comment