NPSN:
LEMBAR SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)
SEMESTER II (GENAP) - TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Basmallah
|
Nama Siswa
|
:
|
Score
|
Teacher’s
|
Parent’s
|
||
Nomor Induk
|
:
|
Signature
|
Signature
|
|||
Mata Pelajaran
|
:
|
PAI – Tahsin
|
||||
Kelas/Nama Kelas
|
:
|
VII
|
||||
Hari, Tanggal
|
:
|
|||||
Waktu
|
:
|
|||||
KKM
|
:
|
75
|
||||
Standar Kompetensi
|
:
|
9.
Menerapkan Hukum bacaan Nun
Mati/Tanwin dan Mim Mati
10.
Meningkatkan Keimanan Kepada Malaikat
11.
Membiasakan perilaku terpuji
12.
Memahami tata cara sholat Jum’at
13.
Memahami tata cara sholat Jama’ dan Qoshor
14.
Memahami Sejarah Nabi
Muhammad SAW
15.
Menerapkan Ilmu Tajwid
|
PETUNJUK
UMUM (GENERAL INSTRUCTION)
1. Baca doa
sebelum mengerjakan tes ujian, dipimpin guru pengawas.
2. Tulis identitas nama peserta ujian pada lembar jawaban.
3. Dahulukan menjawab
soal-soal yang lebih mudah.
4. Periksa
dan bacalah soal-soal dengan teliti sebelum menjawabnya.
5. Laporkan
kepada guru pengawas, apabila terdapat lembar soal
rusak, tidak lengkap, dan/atau tidak jelas.
6. Waktu yang
disediakan sesuai dengan yang telah ditentukan, apabila
terlambat tidak diberi penambahan waktu.
7. Mintalah
kertas buram kepada guru pengawas ujian ruang, apabila diperlukan.
8. Tidak
diizinkan menggunakan kalkulator, HP, tabel matematikan atau alat bantu
lainnya.
9. Periksa
kembali pekerjaannya, sebelum diserahkan kepada guru pengawas
ujian.
10. Selama
berlangsung ujian, peserta ujian harus mematuhi tata-tertib yang berlaku, bagi
yang melanggarnya akan dikenakan sanksi.
13. Periksalah
lembar jawaban dan soal sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.
14. Baca hamdallah setelah mengerjakan
tes ujian, dipimpin guru pengawas.
SELAMAT
BEKERJA
PETUNJUK KHUSUS (SPECIAL INSTRUCTION)
I. Pilihlah satu jawaban yang
benar, dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf a, b, atau c!
Choose one real correct answer, by giving
crossed sign (X) at letter a, b, c or d!
1. Seseorang yang
menuruti kata hati untuk tidak menyontek pada saat ulangan dan menyakini adanya
dua malaikat pencatat amal, berarti ia melakukan pengamalan iman kepada
Malaikat …
a. Malik dan Ridwan b. Munkar dan Nakir c.
Jibril dan Mikail d. Roqib dan Atid
2. Malaikat yang
tugaskan oleh Allah SWT untuk mengatur hujan dan rezeki adalah Malaikat …
a. Jibril b.
Isrofil c. Mikail d. Munkar
3. وَ الْمَلَئِكَةُ وَ
هُمْ لَا يَسْتَكْبِرُوْنَ
artinya dan Malaikat
itu, mereka tidak …
a. lelah b.
sombong c. pelit d. takut
4. Makhluk yang percaya
kepada Allah SWT, tetapi memiliki jiwa sombong dan tidak mau sujud kepada Adam
adalah …
a. jin b.
iblis c. malaikat d. syaithon
5. Malaikat diciptakan
Allah SWT dari …
a. api b.
air c. cahaya d. udara
6. Sikap,
perbuatan, perkataan
ataupun keyakinan
yang menyebabkan
terjatuhnya diri dari
kebenaran Allah
SWT atau kasih
sayangNya
disebut …
a. jin b.
qona’ah c. setan d. menyerah
7. Mengisi waktu
luang setelah pulang
sekolah dengan berjualan
mencerminkan sikap …
a. teliti b.
toleransi c. cinta damai d. kerja
keras
8. Membaca
kembali buku pelajaran
yang telah diajarkan
merupakan cermin
dari sikap …
a. teliti b.
tekun c. istiqomah d. penyayang
9. Salah
satu contoh sikap ulet adalah
…
a. membaca
buku c.
menyayangi teman
b. main game d.
belajar tengah
malam
10. Salah
satu contoh sikap tekun adalah
…
a. mengisi waktu
kosong dengan membaca
b. mengisi waktu
jika guru tidak ada
c. pergi ke mushollah
d. mencari
alasan ketidakhadiran
guru
11. وَ ا بْتَغِ فِيْمَا اَتَكَ اللَّهُ الدَّارَ الْاَخِرَةَ
وَ لَا تَنْسَ نَصِيْبَكَ مِنَ الدُّنْيَا ayat disamping
merupakan perintah
Allah SWT untuk …
a. beribadah
dengan maksimal
untuk akhirat, jangan
hiraukan kehidupan
dunia
b. beribadah
dengan maksimal
untuk akhirat, jangan
lupa bekerja untuk
dunia
c. beribadah
secukupnya untuk akhirat
karna pekerjaan
di dunia lebih penting
d. beribadah
secukupnya untuk akhirat,
jangan hiraukan
kehidupan dunia
12. وَالَّيْلِ اِذَا سَجى alif lam yang terdapat pada kalimat tersebut dibaca …
a. jelas b.
melebur/masuk c. dengung d. panjang
13. Berikut
ini adalah contoh bacaan ghunnah, adalah …
a. الْوَسوَاسِ b. اَعُوْذُ c. عَمَّ d.
فِيْهِ
14. Allah
menyiapkan sarana komunikasi antar umat setiap hari ketika mengerjakan …
a. sholat berjama’ah b. kampanye c.
rapat akbar d. pengajian
15. Sarana
komunikasi umat Islam yang dilakukan setiap seminggu sekali di masjid berupa …
a. pengajian b.
sholat fardhu c. sholat jum’at d. rapat mingguan
16. Dalil
naqli yang mewajibkan sholat jum’at adalah surat …
a. al-Baqoroh : 108 b. al-Jumu’ah : 9 c.
an-Nisa : 2 d. Fushilat : 10
17. Sebelum
melakukan sholat Jum’at, dilakukan …
a. khutbah b.
pembicara c. ceramah d. pengajian
18. Orang
yang memberikan khutbah pada sholat Jum’at disebut …
a. khotib b.
guru c. da’i d. muballigh
19. Isi
pokok khutbah Jum’at adalah …
a. wasiat warisan b. wasiat iman c.
wasiat taqwa d. wasiat sholat
20. Menggabungkan
dua sholat dalam satu waktu disebut …
a. qoshor b.
jamak c. takhir d. taqdim
21. Meringkas
jumlah rakaat sholat fardhu dari empat menjadi dua disebut …
a. qoshor b.
jamak c. takhir d. taqdim
22. Menggabungkan
dua sholat dalam satu waktu dan dilakukan pada waktu sholat pertama disebut …
a. qoshor b.
jamak taqdim c. jamak qoshor d. tahajud
23. Dua
sholat yang boleh digabungkan adalah ...
a. Shubuh dan Ashar b. Maghrib dan Isya c. Isya dan Shubuh d. Shubuh
dan Dzuhur
24. Mengqoshor
sholat dengan alasan bermain, hukumnya …
a. makruh b.
mubah c. halal d. haram
25. Tugas
pertama Nabi Muhammad SAW adalah untuk …
a. menyempurnakan akhlak c. merebut simpati
masyarakat
b. meningkatkan perekonomian umat d. menjadi pemimpin umat
26. Faktor
pribadi Nabi Muhammad SAW yang mempengaruhi kesuksesan menyempurnakan akhlak
adalah …
a. dorongan kakeknya sebagai pemuka kaum
Quroisy
b. kemampuan berdialog
c. keahliannya memimpin umat
d. akhlak mulia yang dimiliki oleh Nabi
Muhammad SAW
27. Dalam
al-Qur’an surat Ali Imron ayat 159 bahwa untuk melawan sifat jahiliyah harus
menghindari …
a. kemampuan memaafkan c. berlaku lemah lembut
b. memohon ampunan d. berlaku keras dan berpikiran tertutup
28. Kejujuran
dan kemuliaan akhlak Nabi Muhammad SAW dihargai semua orang. Beliau diberi
gelar …
a. al-Ulama b.
al-Asad c. al-Anbiya d. al-Amin
29. Bukti
kecintaan terhadap Nabi Muhammad SAW dibuktikan dengan, kecuali …
a. menyantuni kaum dhu’afa c. menghapus perbudakan
b. memihak kesetaraan d. memihak keadilan
30. Diutusnya
Nabi Muhammad SAW menurut firman Allah SWT dalam surat Saba ayat 28 bertujuan …
a. pembawa berita gembira dan pemberi
hukuman
b. pemberi peringatan dan pembawa berita
gembira
c. memerangi kaum kafir Quraisy
d. memberi rahmat untuk sekalian alam
31. Jika
nun mati bertemu huruf qof, dibaca …
a. jelas b. dengung c. samar d. di-idghom-kan
32. Jika
nun mati bertemu huruf ba’, dibaca …
a. jelas b. samar c. dengung d. ditukar mim
33. Jika
nun mati bertemu huruf kho, dibaca …
a. jelas b. ditukar mim c. samar d. dengung
34. Jika
mim mati bertemu huruf ba’, dibaca …
a. jelas c.
ditukar dengan mim
b. samar d.
samar diantara dua bibir
35. Jika
mim mati bertemu huruf mim, dibaca …
a. jelas c.
dengung dan idghom
b. samar d.
samar diantra dua bibir
36. Jika
tanwin menghadapi huruf jim, dibaca …
a. jelas b. samar c. dipantulkan d.
dengung
37. Jumlah
huruf Ikhfa ada ...
a. 15 b. 16 c. 17 d. 18
38. Allah
SWT memerintahkan membaca al-Qur’an dengan ...
a. cepat b. tartil c. lambar d. dilagukan
39. Mad
artinya …
a. cepat b. tartil c. panjang d. singkat
40. Huruf
Qomariyah ada …
a. 13 b. 14 c. 15 d. 16
41. Mad
adalah apabila kasroh bertemu dengan huruf …
a. alif b. ba’ c. wawu sukun d. ya’ sukun
42. Mad
adalah apabila alif didahului …
a. sukun b. fathah c. dhommah d. kasroh
43. Apabila
huruf mim bertasydid dinamakan …
a. idhom b. iqlab c. ghunnah d. izhar
44. Alif
lam syamsiyyah biasanya ditandai dengan …
a.
tasydid pada huruf sebelum alif lam c.
sukun pada huruf lam
b.
tasydid pada setelah sebelum alif lam d.
tanda baca panjang
45. Berikut
ini alif lam yang dibaca jelas adalah …
a. النَّفّثتِ b. وَالْقَمَرِ c. وَالَّيْلِ d. وَالشَّمْسِ
II. Jawablah
pertanyaan-pertanyaan ini dengan jawaban yang benar!
Answer this question with real correct
answer!
46. Sebutkan
sepuluh nama Malaikat Allah SWT dan tugasnya!
47. Sebutkan
sedikitnya tiga fungsi sholat Jum’at dalam kehidupan!
48. Apa
yang dimaksud dengan sholat jamak dan qoshor? Sebutkan dua perbedaanya!
49. Apa
sebab Islam berkembang lebih cepat dan mudah setelah Nabi Muhammad hijrah ke
Madinah? Sebutkan dua saja!
50. Buatkan
bagan nun sukun atau tanwin!
No comments:
Post a Comment