Thursday, March 20, 2014

Kisi-Kisi : USBN PAI 2014

MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH


PEMERINTAH KOTA BEKASI KISI-KISI UJIAN SEKOLAH TULIS
TAHUN PELAJARAN 2013-2014

SATUAN PENDIDIKAN : SEKOLAH  MENENGAH PERTAMA

MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KKM : 78
KURIKULUM ACUAN : KTSP
KELAS : VII – IX                                            PENYUSUN:       1. MAHMUDIN, S.Ag., M.Si.
WAKTU : 120 MENIT                                                              2. RABIATUL ADAWIYAH, S.Ag.
JUMLAH SOAL : 50 PG

NO
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
KEMAMPUAN YANG DIUJI
INDIKATOR
NO SOAL
1

Meningkatkan  pengenalan   dan
keyakinan  terhadap   aspek-aspek rukun iman mulai dari iman kepada
Allah  sampai  iman  kepada  qadha dan qadar serta asmaul husna
Mengamalkan  Asmaul
Husna dalam  kehidupan  sehari-hari.
Disajikan ilustrasi  perilaku  seseorang  yang  mencerminkan  pengamalan  nilai Asmaul  Husna  dalam  kehidupan  sehari-hari.  pesertadidik  dapat  menentukan asmaul husna yang sesuai dengan ilustrasi tersebut
1

Menerapkan perilaku beriman
kepada malaikat dalam kehidupan sehari -hari.
Disajikan satu nama malaikat beserta tugasnya , peserta didik dapat menentukan perilaku terpuji yang Mencerminkan keimanan kepada malaikat tersebut
2

Menampilkan sikap mencintai al Qur’an sebagai percerminan iman kepada kitab-kitab  Allah dalam kehidupan seharihari
Disajikan beberapa ilustrasi perilaku terhadap alQur’an,
Peserta didik dapat mengkategorikan perilaku mencintai Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari
3

Disajikan beberapa perilaku terhadap al-Qur’an, peserta didik dapa tmengkategorikan perilaku mencintai al-Qur’an
4

Menerapkan iman kepada rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari
Dipaparkan  secara  singkat  kisah  nabi  Muhamad  SaW, peserta didik  dapat  mengkorelasikan  kisah  tersebut  dengan salah satu sifat wajib bagi rasul
5

Disajikan cuplikan kisah salah seorang nabi yang Mendapat gelarululazmi. Peserta didik dapat menentukan nilai yang
Terkandung dari cuplikan kisah tersebut
6

Menceritakan  proses kejadian kiamat  sughra  /  kubra  dan peristiwa  setelah  hari  kiamat menurut al-Qur’an dan hadits
Diilustrasikan peristiwa terjadinya hari  kiamat, Siswa dapat menentukan ayat yang
Sesuai dengan ilustrasi tersebut
7

Ditampilkan ayat al -Qur’an tentang peristiwa setelah hari
kiamat, peserta didik dapat menentukan nama peristiwa
yang berkaitan dengan ayat tersebut
8

Mengidentifikasi  hubungan  antara qada  dan  qodar  dalam  kehidupan sehari -hari
Disajikan beberapa pernyataan yang  berkaitan dengan takdir,
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang termasuk takdir mubram/muallaq
9

Disajikan sebuah kasus yang menggambarkan sikap yang
Bertentangan dengan qada dan qadar Allah Swt, Peserta didik dapat menentukan sikap dan alasan yang Tepat dalam menyikapi kasus tersebut berdasarkan ajaran Islam
10

2


Menjelaskan  dan  membiasakan perilaku  terpuji  seperti  qanaah  dan tasamuh  dan   menjauhkan  diri  dari
perilaku  tercela  seperti  ananiah, hasad, ghadab dan namimah
Menerapkan perilaku erpuji (tawadhu’,  taat,  atau sabar) Dalam kehidupan sehari- hari.
Disajikan beberapa ilustrasi tentang perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menentukan ilustrasi yang merupakan contoh perilaku terpuji (tawadhu' atau taat)
11

Disajikan beberapa ilustrasi tentang perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menentukan ilustrasi yang Merupakan contoh perilaku terpuji  (sabar)
12

Menerapkan perilaku terpuji (kerjakeras,  ulet) dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan beberapa contoh perilaku sehari -hari , Peserta didik dapat menentukan contoh perilaku terpuji (kerja keras, ulet)
13

Mener apkan perilaku terpuji (zuhud dan tawakal) dalam kehidupan sehari -hari
Disajikan beberapa contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari, pesertadidik dapat menentukan cirri-ciri perilaku terpuji sesuai dengan contoh tersebut (zuhud atau tawakal).
14

Mengklasifikasikan  dan
menghindari  perilaku  tercela ( ananiah,  ghadab,  hasad,  ghibah  dan namimah)  dalam kehidupan sehari - hari
Ditampilkan ilustrasi perilaku sehari- hari  yang berkaitan dengan sikap tercela (ananiah, ghadab, hasad, ghibah atau namimah), peserta didik dapat menentukan dampak negatif dari sifat tersebut
15

Menerapkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan satu ilustrasi tentang perilaku makan dan minum dalaM kehidupan sehari-hari,
Pesertadidik dapat menentukan sikap yang Benar berkenaan dengan adab makan dan minum
16

Mengklasifikasi akibat perilaku tercela (dendam dan munafik) Dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan ilustrasi akibat dari perilaku dendam pesertadidik dapat menentukan sikap yang tepat sesuai dengan ajaran Islam.
17

Disajikan ilustrasi akibat dari perilaku munafik, Pesertadidik dapat menentukan sikap yang
Tepat sesuai dengan ajaran Islam
18

Menyebutkan contoh perilaku terpuji (qanaah  dan  tasamuh)  dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan beberapa contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari, pesertadidik dapat menentukan ciri-ciri perilaku terpuji (qanaah dan tasamuh) sesuai contoh tersebut.
19

Menunjukkan dalil tentang perilaku terpuji (qana'ah dan tasamuh).
Disajikan beberapa dalil perilaku sifat terpuji, peserta
didik dapat menentukan salah satu dalil sifat terpuji yang
terkandung di dalamnya (qanaahdan tasamuh)

20

Menerapkan  perilaku  terpuji (qana'ah dan tasamuh).
Disajikan ilustrasi perilaku sifat terpuji dalam kehidupan
sehari -hari , peserta didik dapat meneladani sikap yang
terkandung dari ilustrasi tersebut (qanaah dan tasamuh).
21

Menghindari perilaku  takabur dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan suatu kasus yang aktual tentang perilaku takabur, peserta didik dapat menentukan sikap untuk menghindari perilaku tersebut.
22

3
Menerapkan tatacara membaca AlQur’an Menurut tajwid mulai dari cara membaca “Al” Syamsiyahdan “Al”
Qamariyah sampai kepada menerapkAn hukum bacaan mad dan waqaf.
Membedakan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah”
Disajikan beberapa potongan ayat Al-Qur’an yang mengandung bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al”
Qamariyah, peserta didik dapat mengklasifikasikan hukum bacaan “Al” Syamsiyah atau “Al” Qamariyah
23

Menerapkanhukumbacaan  nun mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat al -Qur’an dengan benar.
Disajikan tabel tentang hukum nun mati/tanwin dan contoh bacaannya, peserta didik  dapat menentukan pasangannya
24

Menerapkanhukumbacaan  nun mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat al -Qur’an dengan benar
Disajikan ayat Al-Qur’an yang mengandung hukum bacaan mim mati, peserta didik dapat menyebutkan jumlah hukum bacaan mim mati tersebut
25

Menerapkan hukum bacaan qalqalah dan ra pada ayat  Al-Quran
Disajikan tabel tentang potongan ayat Al-Quran yang mengandung hukum bacaan qalqalah, peserta didik dapat mengklasifikasikan hukum bacaannya
26

Menunjukkan contoh hukum bacaan Mad dan Waqaf dalam bacaan suratsurat al -Quran
Disajikanayat al Qur’an yang mengandunghukumbacaan
mad, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum bacaan
mad di dalamnya
27

Disajikan   ayat al-Quran  yang  mengandung  tanda  waqaf,
peserta   didik   dapat menentukan   nama  tanda  waqaf tersebut
28

Menjelaskan   makna QS.  At-Tiin.
Disajikan sebuah ilustrasi tentang perilaku dalam kehidupan sehari-hari, Pesertadidik dapat mengaitkan perilaku tersebut dengan maknA salah satu ayat dalam Q.S. al- Tin.
29

Disajikan beberapa pernyataan perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengidentifikasi sikap terpuji
yang sesuai dengan kandungan Q.S.  al-Tin
30

Mempraktikkan  perilaku  dalam bekerja  dan  selalu  berserah  diri kepada  Allah  seperti  dalam  QS.  alInsyirah
Disajikan sebuah ilustrasi tentang perilaku dalam kehidupan sehari-hari, Pesertadidik dapat mengaitkan perilaku tersebut dengan makna salah satu ayat dalam Q.S. al Insyirah
31

Mempraktikkan  perilaku  dalam bekerja  dan  selalu  berserah  diri kepada  Allah  seperti  dalam  QS.  alInsyirah.
Disajikan beberapa pernyataan tentang perilaku dalam kehiduPan sehari-hari, Peserta didik dapat mengidentifikasi sikap terpuji sebagaimana terkandung dalam Q.S. al Insyirah
32

4
Menjelaskan  tata  cara  mandi wajib  dan  shalat-shalat  munfarid dan  jamaah  baik  shalat  wajib maupun shalat sunat
Menjelaskan ketentuan mandi wajib
Disajikan  tabel  tentang  contoh  hadast  kecil  dan  hadast besar, peserta didik dapat menentukan penyebab mandi wajib dengan tepat.
33

Menjelaskan  ketentuan–ketentuan shalat wajib
Disajikan  beberapa  pernyataan  tentang  gerakan  dan bacaan  shalat  peserta  didik  dapat  mengidentifikasi rukun shalat dengan tepat
34

Menjelaskan  shalat  jama’  dan qashar
Disajikan ilustrasi tentang seseorang yang melakukan
shalat  dalam  perjalanan  jauh,  peserta  didik  dapat menentukan  cara  mengerjakan  shalat  jamak,  qashar atau jama’ dan qashar dengan tepat
35

Menjelaskan  ketentuan  puasa sunah senin – kamis, syawal dan arafah
Disajikan  beberapa  keutamaan  puasa  sunah  peserta didik dapat  menunjukkan  keutamaan salah satu puasa sunah
36

Mempraktikkan  pelaksanaan
zakat fitrah dan zakat mal
Disajikan  ilustrasi  tentang  jumlah  harta tertentu yang telah  mencapai  nishab  dan  haul.   peserta  didik  dapat menghitung  besarnya  zakat  mal   yang  harus dikeluarkan
37

Menjelaskan  jenis  jenis  hewan yang halal dan haram dimakan
Disajikan gambar binatang yang haram peserta didik dapat  menetukan  penyebab  keharamannya berdasarkan dalil naqli
38



Menjelaskan ketentuan aqiqah dan qurban
Disajikan  beberapa  pernyataan  tentang  aqiqah  dan kurban,  peserta  didik  dapat  mengidentifikasi ketentuan aqiqah atau kurban
39



Menjelaskan pengerti an dan ketentuan haji dan umrah
Disaji kan  ilustrasi amalan dalam pelaksanaan Ibadah haji,  peserta didik dapat menentukan hikmah  dari amalantersebut
40



Disajikan ilustrasi seseorang  yang  mengerjakan thawaf,
Peserta didik dapat membedakan jenis-jenis thawaf
(thawaf qudum,  thawaf ifadhah,  thawaf sunnah, thawaf wada)
41



Mengidentifikasi shalat sunnah berJamaah dan munfarid
Disajikan ilustrasi pelaksanaan shalat sunah berjamaah, peserta didik dapat mengidentifikasi nilai-nilai positif dari pelaksanaaan shalat sunah tersebut

42

5
Memahami dan meneladani sejarah NAbi Muhammad
Dan para sahabat serta menceri takan seJarah masuk dan berkembangnya Islam di Nusantara
Menjelaskan sejarah Nabi MuhammaD SAW pada periode Mekkah
Disajikan table tentang peristiwa penting yangDialami oleh Nabi Muhammad SAW. serta para
Sahabat dan kata kunci yang
Berkaitan dengan peristiwa tersebut. Peserta didik dapat menentukan pasangannya.
43

Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW
Untuk menyempurnakan akhlak, Membangun manusia mulia dan bermanfaat
Disaji kan beberapa pernyataan,
Peserta didik dapat menentukan pernyataan-pernyataan yang merupakan misi dakwah Nabi Muhammad SAW.
44

Menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat
Melalui kegiatan ekonomi dan perdagangaN pada periode Madinah
Disajikan narasi tentang langkah-langkah Rasulullah SAW dalam membangun kota Madinah melalui kegiatan perekonomian dan perdagangan, Peserta didik dapat menentukan nilai yang Dapat diteladani dari narasi tersebut
45

Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah beserta peran ilmuwan Islam
Disaji kan tabel yang berisi para ilmuwan Muslim dan karyanya,
Peserta didik dapat menentukan pasangan yang tepat
46

Disajikan ilustrasi sejarah perkembangan ilmu pengetahuan Islam pada masa khalifah Bani Abbasiyah, peserta didik dapat menentukan nilai yang dapat diteladani dan dikembangkan pada saat ini

47

Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
Disaji kandeskripsi proses masuknya Islam dinusantara, pesertadidik dapat menentukan caramasuknya Islam di  Nusantara sesuai dengan deskripsi tersebut
(perdagangan, sosial, atau pendidikan)
48

Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam Di Jawa, Sumatera dan Sulawesi
Disajikan deskripsi peran kerajaan Islam di Nusantara Dalam dakwah, pendidikan, ekonomi, dan kebudayaan serta penentangan terhadap penjajahan, Peserta didik dapat menentukan nilai yang Patut diteladani dari peran kerajaan tersebut dalam kehidupan
49

Memberikan apresiasi terhadap traDisi dan upacara adat kesukuan Nusantara
Disaji kan salah satu contoh tradisi yang bernuansa Islam di
Indonesia, peserta didik dapat meneladani nilai-nilai yang
Terkandung dalam tradisi tersebut
50

BUKU SUMBER:
1.    Al Qur’an dan Terjemahnya, Kemenag. RI
2.    Al Hadits
3.    Buku Pegangan Siswa, Pendidikan Agama Islam VII-IX, BOS, Kemendikbud.

No comments:

Post a Comment